Sabtu, 29 Oktober 2016

Bisnis Informatika

         
                Mencari Informasi Peluang Usaha Bidang TI
Peluang usaha dibidan TI (Technopreneurship) merupakan sebuah istilah wirausaha yang lebih dikhususkan bagi wirausahawan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi. Peluang usaha dibidang TI atau informasi sangat menjanjikan dikarenakan semua orang perlu informasi dan membutuhkan TI dalam kehidupan sehari, hari. Contoh orang yang berhasil atau sukses pada bidang wirausaha dibidang TI yaitu:


  • Bill Gates (Microsoft), Steve Jobs (Apple)
  • Sergey Brin & Larry Page (Google), Mark Zuckenberg (Facebook)
  • Jack Dorsey (Twitter)
  • Kevin Systorm (Instagram)
beberapa cara atau tips dalam mencari peluang dalam bidang usaha TI

  1. Peluang dan keinginan konsumen
Sebelum kita membuat suatu produk atau informasi kita harus lebih dahulu tau apa yang dinginkan atau informasi apa yang sedang trend pada masyarakat, dan melihat apakah ada peluang dalam hal ini, jika semua ada maka ambilah usaha dalam bidang TI ini

     2. Situaasi persaingan
     3.Lingkungan yang dihadapi
     4. Dukungan dan trend kebijakan pemerintah

             Tahapan Penggembangan Usaha

  1. ide usaha. sebelum kita memulai usaha kita harus telebih dahulu mempunyai ide untuk membuat usaha, ide ini lah yang sangat penting untuk kedepanya dan menentukan apakah sukses atau tidaknya usaha kita
  2. kelayakan, jika kita sudah memounyai ide lalu kita harus melakukan uji coba atau kuisoner apakah layak usaha ini  layak atau tidak beredar dipasaran atau di publik
  3. implementasi, setelah kita membuat usaha itu lalu kita implementasikan kepada khalayak ramai
  4. Membangun Sistem. Sistem sangat penting bagi sebuah usaha, seperti membangun tim
  5. Pengembangan, . jika usaha kita terus maju , maka usaha ini lebih baik kita kembangkan agar konsumen lebih puas dengan usaha kita
  6. Prestasi,
          Bagaimanakah Perkembangan Bisnis Teknologi di Dunia
manusia pada umumnya sekarang sangatlah bergantung kepada komputer maupun gadget - gadget seperti smartphones. Saat ini keberadaan komputer maupun smartphones bukanlah menjadi barang mewah lagi. Alat ini sudah digunakan di berbagai bidang pekerjaan, contohnya saja bidang pendidikan. Dengan adanya sebuah alat tersebut, kehidupan manusia dapat dimudahkan seperti saling bertukar informasi secara efesien dan efektif menggunakan komputer dan juga bisa mendapatkan ide dengan cepat maupun bertukar pengalaman dari berbagai kalangan melalu alat ini.

Maka dari itu diharapkan kita dapat mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga kita dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan TIK secara tepat dan optimal, termasuk implikasinya saat ini dan di masa yang akan datang.

Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.

Sedangkan Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Oleh karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.

Di dalam perkembangan bisnis di dunia it sendiri terdapat jenis dan tipe bisnis Terdapat 2 macam bisnis informatika yaitu produk dan jasa.

1. Produk
Hardware / Perangkat Keras
Software / Perangkat Lunak
2. Jasa
Aplikasi
e-commerce
Infrastruktur informasi dan komputer
Software

Adalah bisnis yang melakukan pejualan terhadap software/perangkat lunak. Biasanya menerima pemesanan software sesuai kebutuhan perusahaan yang membutuhkan.

Infrastruktur
Adalah bisnis Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer, seperti Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.

Ecommerce
Internet berkembang menjadi saluran distribusi global utama untuk produk jasa, lapangan pekerjaan bidang manajerial dan professional.

E-commerce dapat didefinisikan dari beberapa perspektif :
Komunikasi : pengiriman barang, jasa, informasi, atau pembayaran melalui jaringan computer atau sarana electronic lainnya.
Perdagangan : penyediaan sarana untuk membeli dan menjual produk, jasa, dan informasi untuk internet atau fasilitas online lainnnya.
Proses Bisnis : menjalankan proses bisnis secara elektronik melalui jaringan elektronik, menggantikan proses bisnis dengan informas
Layanan : cara bagi pemerintah, perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya pelayanan/operasi sekaligus meningkatkan mutu dan kecepatan layanan bagi konsumen.

sumber

  1. http://reddevil-cupu.blogspot.co.id/2011/01/pengaruh-dan-peranan-ti-terhadap.html
  2. http://alan-prastyo.blogspot.co.id/2016/09/bagaimana-mencari-informasi-peluang.html
  3. http://anggappratama.blogspot.co.id/2016/10/mencari-informasi-peluang-bisnis-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar